CHATBOT

Mengenal Chat Bot . . .
Saat BOT sudah menjadi cerdas dan mampu beraktivitas serta berkomunikasi dengan manusia layaknya manusia, hal itu akan menjadi puncak pencapaian tertinggi dalam pengembangan AI.
Tapi bukan itu yang akan menjadi pembahasan dalam blog ini, itu merupakan imajinasi yang imajiner dari seorang penulis blog seperti saya. Adapun yang akan dibahas pada blog ini adalah mengenai Chat Bot.
AI (Artificial Intelligence) dapat diterjemahkan menjadi kecerdasan buatan. Analoginya AI memang dirancang untuk membangun dan meniru kecerdasan layaknya manusia.
Definisi
Definisi Wiki, Chat Bot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada user (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan atau visual. Percakapan yang terjadi antara komputer dengan manusia merupakan bentuk respon dari program yang telah dideklarasikan pada database program pada komputer. Respon yang dihasilkan merupakan hasil pemindaian kata kunci pada inputan user dan menghasilkan respon balasan yang dianggap paling cocok, atau pola kata-kata yang dianggap paling mendekati, dari database tentunya. Dalam bahasa sehari-harinya Chat Bot merupakan Aplikasi atau Program komputer yang dirancang untuk meniru manusia itu sendiri, batasan yang diambil dari Chat Bot adalah mampu meniru komunikasi manusia. Jadi jika manusia sedang bercakap-cakap dengan program ini, seakan-akan ada 2 pribadi manusia yang saling berkomunikasi. Nyatanya tidak, manusia berkomunikasi dengan Bot. Bot sudah dirancang untuk merespon segala jenis pertanyaan dan pernyataan yang diinputkan oleh manusia (user). Hal ini terjadi karena sebelumnya sudah dideklarasikan pada database, berupa entitas-entitas kata, pola kalimat, dan berbagai jenis pernyataan dan pertanyaan.

Latar Belakang

Pada era 1950an Turing menerbitkan artikel mengenai “Computing Machine and Intelligent”. Yang  merupakan intisari dari tes turing tersebut adalah mengenai kriteria dari kecerdasan mesin. Kriteria yang dimaksud bergantung pada kemampuan sebuah program komputer untuk meniru manusia dalam hal komunikasi interaktif real time. Hasil dari test turing tersebut merangsang minat beberapa peneliti, termasuk Joseph Weizenbaum (Berlin, 8 Januari 1923). Dia mampu menciptakan ELIZA yang diterbitkan pada tahun 1966. Pada pengenalannya pertama kali, user percaya seakan bercakap-cakap dengan manusia nyata, padahal tidak demikian. Metode kunci operasi ELIZA melibatkan komponen kata-kata isyarat atau frase yang diinputkan, dan output yang disajikan merupakan tanggapan yang sebelumnya telah disiapkan sesuai dengan alur pergerakan percakapan maju yang disesuaikan dan dianggap tampak bermakna . misalnya dengan menginputkan kalimat “MOTHER”, maka respon yang ada ”TELL ME MORE ABOUT YOUR FAMILY”. Hasil dari pemahaman inputan berhasil, meskipun pengolahan maksud yang dirasa kurang memiliki bentuk respon yang dianggap tepat. ELIZA menunjukan bahwa penafsiran ‘cerdas’ merupakan ciri program sebagai chat bot tepatnya daripada sebagai natural language processing system. Adapun yang menjadi sentralnya adalah produksi respon yang dihasilkan dari tiap-tiap inputan user.

Pengembangan Chat Bot

Saat ini begitu banyak pengembangan Chat Bot semenjak ELIZA (1966), kemudian lahirlah program PARRY (1972). A.L.I.C.E, Jabberwacky dan D.U.D.E merupakan temuan terbaru. Sampai saat ini chat bot mulai banyak dikembangkan pada fokus sektor pelayanan website yang merupakan komponen utama dalam asisten online otomatis. Pada dasarnya chat bot diincludekan pada website primer untuk memberikan layanan khusus bagi user. Adapun perusahaan besar yang sudah mengimplementasikan chat bot pada pelayanan websitenya adalah Lloyds Banking Group, Royal Bank of Scotland, Renault, Citroen, Coca Cola Hungaria. Kemudian pada website jejaring sosial yaitu, Windows Live Messanger, Yahoo Messanger dan Twitter. Dan website pemasaran portal pada eBay dan PayPal pun demikian. Biasanya Chat Bot akan ditemukan pada layanan “help” karena user sering menanyakan jenis pertanyaan hal yang sama, jadi admin tidak perlu repot-repot membalas atau merespon. Hanya diperlukan Bot, dan hal itu mumpuni.
Sebenarnya masih banyak website yang fokus dengan Chat Bot yang semata-mata hanya untuk memperkenalkan mengenai Chat Bot kepada public. Adapun sebagian kecil website-website yang hanya fokus kepada Chat Bot adalah sebagai berikut :
Chat Bot disini hanya difokuskan kepada percakapan bahasa inggris. Tampilan yang sederhana membuat user hanya terpusat pada chat. Pertanyaan dan jawaban yang tersedia akan ditampilkan dalam satu frame.
1
Chat Bot dibuat agak lebih kompleks. Dengan mengginputkan, user juga diajak untuk menunjukan/memilih reaksi dan emosi yang diinginkan. Jawaban yang diberikanpun sudah relevan dengan pertanyaan atau pernyataan yang diinputkan user. Sayangnya masih terbatas pada bahasa Inggris saja, bahasa Indonesia belum tersedia. ~LOL
1
Tampilan yang minimalis dikuatkan dengan keampuhan Chat Bot dalam berkomunikasi. Relevansi pertanyaan atau pernyataanpun sudah mumpuni. Selain Alice pada site ini juga sedang dikembangkan 3 bots lagi. Sekedar informasi ALICE menggunakan bahasa pemrograman yang dinamakan AIML.
1
Saat chat, user akan disuguhkan dengan respon pertanyaan dan bermacam-macam gambar yang merupakan reaksi bot. Dari pertanyaan dan pernyataan yang disajikan, bot mampu memberikan respon dan terlihat beda pada pertanyaan atau pernyataan sebelumnya. Saat kita bertanya sedih, pada gambarpun ia akan terlihat sedih. Bagus bukan.???
1
Mitsuku Bot adalah namanya. Jenis kelaminnya wanita loh.!! ^^. Chat Bot ini dijalankan dengan flash, jadi instal dulu ya pluginnya ^^.
1
Chat dengan Vasenka awalnya chat dengan perempuan jutek, tapi untuk beberapa hal saja bot merespon dengan jutek. But, overall she’s nice.

sumber : http://10106365.blog.unikom.ac.id

Tentang hendrakrlase
aq adalah seorang mahasiswa informatika in one of univercity pekanbaru... cita** pengen jadi programing, desaigner especialy web... join to me yo friend...

Tinggalkan komentar